Perkembangan Industri Fashion Muslim Pria di Indonesia

Perkembangan industri fashion senantiasa berkembang di Indonesia. Salah satu ranah fashion yang tersentuh adanya perkembangan adalah baju muslim pria. Saat ini baju muslim pria tidak lagi diidentikan dengan baju koko sederhana dengan warna polos, yang jikalau pun memiliki hiasan, maka akan mentok pada motif uliran dari benang jahitan yang sederhana. Saat ini baju koko modern seakan menjadi salah satu sentuhan trend industri fashion muslim di Indonesia, sehingga tidak senantiasa dimonopoli oleh sektor fashion muslimah. Pasalnya, model serta motif yang terdapat pada baju-baju muslim pria saat ini mulai berkembang untuk menonjolkan beberapa gaya modis laki-laki  Berikut ini merupakan beberapa jenis baju koko modern yang menjadi popular pada beberapa bulan terakhir.

gamis pria modern

1. Busana model gamis pria

Salah satu trend fashion pada busana muslim pria adalah model gamis ala pria-pria dari Timur Tengah. Baju muslim pria model gamis ini memiliki lengan panjang serta panjang bawah hingga menutup lutut atau jatuh di pertengahan betis. Kain yang digunakan dalam jenis gamis ini bervariasi dari katun, rayon sampai satin. Sementara warna-warna yang diambil cenderung menonjolkan kesan royal seperti abu-abu silver, emas, dan krem. Sentuhan modern bisa diliihat dari sentuhan bordir maupun beberapa aksen hiasan mengkilat lainnya pada bagian kerah hingga dada, pergelangan tangan maupun pada bagian bawah gamis.

Pada dasarnya baju koko modern jenis gamis begini lebih cocok digunakan oleh pria yang cukup tinggi. Hal ini untuk menghindari kesan tenggelam dari gamis yang panjangnya biasa menutup ¾ bagian atas kaki Anda. Selain itu model baju muslim pria seperti ini juga lebih cocok dikenakan oleh anak-anak muda. Menggunakan baju koko modern bermodel gamis praktis memberi kesan bagaikan pangeran tampan dari cerita-cerita dongeng 1001 malam.

koko muslim pria batik

2. Baju koko modern bermotif batik

Salah satu bukti perkembangan trend fashion biasa ditunjukkan dengan kreativitas yang lebih untuk menggabungkan beberapa unsur menjadi satu, misalnya unsur modern dengan unsur tradisional. Hal ini terutama dapat diamati pada trend fashion baju muslim pria di Indonesia. Dengan demikian, saat ini tidak akan sulit untuk menemui baju koko yang dikombinasikan dengan motif ulir batik maupun motif etnik lainnya. Hal ini seakan-akan menggabungkan unsur Arabik dan tradisional Indonesia sekaligus. Motif dari ulir batik maupun unsure etnik lainnya terutama dapat ditemui pada bagian lengan, kerah, dada, dan atau bagian lipatan pada bagian kancing depan. Dalam hal ini, penggunaan baju koko yang memiliki aksen batik sangat bisa memunculkan kesan kekeluargaan. Dengan kata lain, jenis baju muslim pria model ini cenderung cocok untuk dikenakan oleh seluruh kategori usia.

baju muslim pria modern

3. Baju koko modern Bermotif Bordir

Tentu sudah sering ditemui baju koko yang didesain dengan hiasan-hiasan bordiran pada permukaannya. Dengan demikian, trend yang muncul pada baju muslim pria model ini lebih condong kepada bagaimana variasi hiasan bordir tersebut dilekatkan. Apabila selama ini model variasi hiasan bordir lebih cenderung didesain memiliki posisi yang simetris, maka trend terbaru yang ada ialah penempatan motif bordir dengan pola asimetris. Hal ini merupakan teknik yang tetap mengedepankan estetika tanpa menghiraukan poin keseimbangan. Sebagai contohnya, hiasan motif bordiran hanya ada pada bagian lengan kiri saja, atau dada kanan saja. Motif asimetris pada desain baju koko pria ini memang cenderung lebih cocok dan fresh untuk dikenakan oleh anak muda. Meski demikian, untuk golongan yang lebih tua dan dewasa, tidak menutup kemungkinan juga apabila memilih jenis baju koko modern ini.

Berikut tadi merupakan tiga jenis baju muslim pria yang akan ngehits pada tahun 2016. Dengan variasi modelnya yang makin unik dan fashionable, baju muslim pria bukan lagi sekedar seragam wajib untuk mengikuti aktivitas-aktivitas keagamaan Islam. Sebaliknya, jenis item fashion baju muslim pria juga dapat dipilih sebagai salah satu opsi busana pada acara-acara di luar keagamaan lainnya dari yang formal seperti kondangan pernikahan dan kerja, tetapi juga untuk alasan kasual seperti hangout bersama kawan-kawan. Di sini tentu saja dibebaskan untuk menentukan apakah memilih baju koko modern  yang berlengan pendek maupun panjang.


Leave a Reply